Navigation Menu

Featured Post

Trik SNMPTN ???



Bicara tentang siswa kelas 12 SMA, pasti banyak yang khawatir mau kuliah dimana dan lewat jalur apa. Mungkin itu masih belum terlalu bikin stress ya, yang paling bikin stress adalah apakah bisa masuk di PTN favorit jika melihat realita pendaftar PTN yang jumlahnya mungkin hampir sama dengan jumlah uang saku anak SMA. Ini adalah hal yang wajar dikhawatirkan anak kelas 12 SMA karena dulu aku juga kaya gitu.
Pendaftar PTN selalu dikaitkan dengan jalur masuk yang mereka pilih. Ada beberapa jalur yang ditawrkan yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan UM (Ujian Mandiri). SNMPTN itu tanpa tes dan hanya pake nilai rapot dan prestasi sedangkan SBMPTN dan UM itu pake Tes. Sedikit promosiin almamaterku :D, di UGM ada 4 jalur masuk yang bisa dicoba oleh siswa kelas 12 SMA yaitu 3 jalur yang telah disebutkan dan tambah satu keistimewaan yaitu jalur PBU (Pemilihan Bibit Unggul). PBU sih hampir sama kaya UM tapi ada syarat-syarat khusus yang ga semua anak punya, yaiyalah namanya juga bibit unggul.

Tapi kali ini aku ga akan bahas semuanya. Di postingan pertama ini aku Cuma bakal bahas tentang SNMPTN. Kenapa? Karena dari pengalamanku d Expo beberapa waktu lalu, banyak anak yang nanya tentang SNMPTN, dari mulai info dasar sampai tips dan trik nya biar bisa ketrima di SNMPTN. Jujur sih kalo dari aku, aku juga gatau apa tips dan triknya walaupun aku masuk UGM lewat SNMPTN. Karena apa ? Karena emang jalur ini merupakan jalur misterius, ga bakal ada yang tau gimana tips triknya kalo ga dari universitas itu sendiri. Aku udah berbanyak kali jelasin ke adek-adek kaya gitu tapi kayanya masih pada ga percaya. Tapi harus percaya bahwa SNMPTN itu misterius. Kenapa? Karena di SNMPTN kita ga pernah memprediksi yang bener-bener akurat, karena semua indicator dan keputusan hanya pihak universitas yang tau dan berhak.
Jadi kalo gitu solusinya gimana dong kak? Kalo dari aku, solusinya ya kalian bisa belajar buat tes SBMPTN karena itu jalur yang paling adil dan tidak memihak. Tapi juga ga ada salahnya kalo mencoba SNMPTN, toh juga ga bayar. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu nama sekolah, nilai rapot, piagam penghargaan, pilihan jurusan dan beberapa hal lagi. Kalo aku dulu sih karena emang nama sekolahku yang cukup terkenal di kota ku yaitu SMA 1 Kudus, nilai rapotku juga lumayan dan aku memiliki piagam penghargaan. Soal nilai rapot juga ga bisa tau apa harus naik terus apa ga, tapi yang jelas kalo bisa naik terus kenapa harus turun? Tapi kalo aku sendiri sih pernah ngalamin nilai jeblok hehe. Nyatanya juga Alhamdulilah diterima di PTN dan jurusan yang aku inginkan sekarang. Jadi di SNMPTN itu juga lebih banyak factor keberuntungan juga jadi jangan lupa banyak berdoa ya.
Satu hal lagi yang penting untuk aku sampaikan, jadi siswa kelas 12 SMA itu jangan asal cari aman dengan memilih jurusan yang gampang masuk lewat SNMPTN tapi ga disukai apalagi ga seuai passion. Itu salah banget!!! Seharusnya kalo kalian mau kalian bisa dapetin PTN dan jurusan yang sesuai jika kalian mau berusaha. Kalo milihnya asal-asalan, kalian baka nyesel waktu nanti kuliah karena ga sesuai passion atau malah kalan ga sanggup. Jadi, berusaha belajar dan berdoa adalah hal yang wajib kalian lakukan untuk masuk di PTN dan Jurusan pilihanmu.

Sumber 
https://www.google.com/imgres?imgurl=http://www.usu.ac.id/public/content/images/snmptn.jpg

0 comments: